Kamis, 18 Desember 2008

Bersyukur, apakah akan menambah rasa bahagia?

Salah satu prinsip dasar dari kebahagiaan sehari-hari bisa diukur dari sikap, harapan, dan pandangan kita. Dan satu faktor yang membentuk harapan dan pandangan kita adalah kecenderungan manusia untuk membandingkan. Kita membandingkan keadaan atau pengalaman kita saat ini dengan keadaan orang lain di sekeliling kita, dengan keadaan kita yang sebelumnya, dan juga dengan harapan kita akan masa depan.

Jika kita merasa lebih baik dari semua pembanding tersebut, maka kita merasa bahagia. Jika tidak, maka kita merasa sedih atau kecewa. Ada suatu cara yang bisa digunakan untuk membuat hari-hari yang bahagia dan mencapai kepuasan hati.

Saya memilih BERSYUKUR sebagai topik karena hal ini sangat sederhana, dan merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk menambah rasa bahagia. Dan perlu diketahui bahwa rasa bersyukur ini adalah pengembangan kebahagiaan yang pertama yang diteliti secara ilmiah.

BERSYUKUR DAN KEBAHAGIAAN

Penelitian membuktikan bahwa menulis rasa bersyukur di dalam sebuah buku kecil secara berkala akan menambah rasa bahagia. Kejadian – kejadian kecil yang dialami sehari-hari yang membuat mereka merasa berterima kasih, dicatat. Misalnya lima kejadian setiap hari. Atau bisa juga dilakukan tiga kali seminggu, tiap kali lima kejadian.

Mereka yang melakukan ini merasa lebih baik tentang :
* hidupnya secara keseluruhan
* lebih optimis tentang masa depan
* keluhan kesehatan juga berkurang
* mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk berolahraga
* lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain
* lebih cepat tertidur, menghabiskan lebih banyak jam tidur tiap malam, dan merasa lebih segar ketika bangun pagi

Hasil yang menggembirakan ini juga dilaporkan oleh pasangan hidup dari masing-masing peserta yang diteliti, yaitu adanya peningkatan ke arah yang positif dalam hal sikap dan tingkah laku.

BERSYUKUR DAN DEPRESI

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan yang terbalik antara orang yang bersyukur dan orang yang mengalami depresi. Semakin depresi seseorang, maka semakin berkurang rasa syukurnya terhadap hidup ini. Para peneliti telah menemukan bahwa mempraktekkan rasa syukur secara berkala merupakan cara yang efektif dalam melawan depresi.

Salah satu alasan untuk penemuan ini adalah mereka yang selalu bersyukur cenderung untuk mengingat kembali kejadian-kejadian masa lalu yang menyenangkan.

Tiga alasan kenapa rasa syukur bisa mengurangi depresi adalah :
* Mempraktekkan rasa syukur akan menambah penghargaan seseorang dan lebih menikmati aspek-aspek positif dari hidupnya
* Pendekatan rasa syukur kepada kehidupan ini, dimana kita secara teratur fokus kepada hal-hal yang positif dan bermanfaat dalam hidup, akan terwujud dalam kejadian-kejadian yang positif yang lebih mudah diakses dan diingat kembali
* Mempraktekkan rasa syukur juga dapat menghasilkan ketrampilan-ketrampilan lain yang berguna seperti menghargai hal-hal yang penting dimana bisa membantu kita mengatasi kerugian, kesengsaraan, dan stress.

STRATEGI KEBAHAGIAAN : BERSYUKUR

Kamus Webster mendefinisikan syukur sebagai “sangat berterima kasih”. Bagaimana kita menerapkan rasa sangat berterima kasih ini di dalam mencapai kebahagiaan pribadi? Akankah dengan menerapkan rasa syukur akan membantu meningkatkan kebahagiaan kita, dari hari ke hari dan dari satu kejadian ke kejadian berikutnya? Marilah kita berlatih melalui cara berikut ini.

Sebuah Buku Syukur adalah suatu latihan untuk memperkuat rasa syukur dengan tujuan membangun kepuasan hati dan kepuasan hdup yang lebih besar. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah :

Tulislah lima hal yang anda syukuri setiap hari. Suatu hari anda mungkin menulis lebih dari lima, dan hari lainnya kurang dari tiga. Tetaplah konsisten, tambahkan hal-hal berbeda setiap kali anda menulis. Tidak perlu membeli buku yang mahal, buku saku atau yang berspiral akan sangat membantu, atau anda dapat mengetik di komputer. Anda boleh menulis di buku pada malam hari sebelum tidur tentang daftar syukur pada hari tersebut. Atau anda juga bisa menulis pada pagi hari, untuk memulai hari dengan suatu sikap bersyukur. Sangat mudah untuk melupakan bahwa hidup ini penuh dengan berkat, dan dunia ini penuh dengan keajaiban dan kesempatan, juga ketika hidup kelihatannya jauh dari sempurna. Di bawah ini ada beberapa contoh untuk membantu anda memulainya :
* Saya sehat
* Saya bekerja sangat produktif hari ini
* Saya menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga
* Saya mempunyai banyak waktu untuk diri sendiri
* Tetangga saya mengatakan sesuatu yang menyenangkan

Ingatlah bahwa kunci dari latihan bersyukur ini adalah KONSISTENSI. Buatlah latihan ini sebagai bagian dari rutinitas harian anda dan anda pasti memperoleh hasil yang dahsyat!

Dikirim oleh: Jana pemilik website

0 komentar: